Kamis, 15 September 2011

Hanya Enam Klub PSSI yang Profesional, Termasuk Persikota Tangerang

Berdasarkan hasil verifikasi yang dilakukan PSSI sejak 23 Agustus lalu dan dikoordinasikan dengan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) pada 5 September itu, semua klub yang lolos bukan penghuni Divisi Liga Super musim lalu.
Mereka adalah Persibo Bojonegoro dan Persik Kediri dengan total 95,6 poin, lalu Persis Solo (96,7), Persikota Tangerang (96), Persebaya Surabaya (95,7) dan PSIS Semarang (92,3).
Nilai-nilai itu didapat dari verifikasi berdasarkan 15 dokumen yang disyaratkan badan sepak bola tertinggi di Indonesia itu. Hasil ini jelas mengejutkan karena tak satupun klub dari Liga Super yang lolos, sebaliknya justru Persibo Bojonegoro, peserta Liga Primer Indonesia musim lalu lolos verifikasi.
"Dari 34 tim yang sebelumnya dinyatakan ada di level profesional, setelah diverifikasi ternyata hanya ada enam klub yang dianggap klub profesional oleh AFC. Keenam klub itu tidak bermain di ISL (Liga Super) musim lalu," terang wakil ketua Komite Kompetisi PSSI Toni Aprilani di Kantor PSSI Jakarta, kemarin (14/9).
"Item badan hukum dan audit (keuangan) poinnya tinggi. Keenam tim itu dinyatakan profesional karena mampu melengkapi 15 item yang disyaratkan sebagai klub profesional," terangnya. "Setelah verifikasi dokumen, AFC nanti akan datang ke Indonesia dan melihat langsung fasilitas stadion," tukasnya.
AFC akan menindaklanjuti verifikasi ini dengan verifikasi kelayakan stadion. Utusan AFC akan mendatangi satu persatu stadion yang akan menjadi kandang 34 klub sejak 26 September mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar