Senin, 14 April 2014

Pengalaman Berharga (Bagian 1) : KOMIPA, Nitrackers, OSK

Halo lagi guyss! Mumpung libur jadi keseringan buka blog..haha Tapi walaupun libur, seharusnya kita tetep belajar.... seharusnya loh ya seharusnya.... gua juga seharusnya sudah mulai mempersiapkan diri untuk OSP Juni nanti, do'ain ane ya temen-temen, biar bisa lanjut ke Mataram :') Aamiin.. hehe

Ngomong-ngomong tentang OSP, kali ini gua mau bercerita tentang pengalaman gua selama hampir 2 tahun di SMA.. Untuk bagian pertama ini, pengalamannya khusus tentang lomba-lomba yang pernah gua ikuti.. Sebelumnya, saat SD gua udah ikutan lomba, waktu itu lomba siswa teladan dan olimpiade matematika, di Kecamatan alhamdulillah lolos, tapi selalu kandas di tingkat Kota. Kalo waktu SMP, gua ga berkesempatan untuk ikutan lomba.. karena teman-teman gua jauh lebih pro dari gua.. haha

Nah, kalo di SMA, pertama kali gua ikut lomba itu saat Komipa'13. Jujur, sangat ngga ada persiapan, karena baru dikasih tau bakal turun itu pas TM Komipa, alias seminggu sebelum hari pelaksanaan.. kebayang ngga tuh? wkwk Dan juga, gua terbagi pikiran karena juga jadi panitia. Pas hari pelaksanan, gua udah lupa atmosfer perlombaan itu seperti apa. Saking lamanya ga pernah ikutan lomba. Alhasil, tau dong hasilnya gimana? Gagal total~ wkwk Tapi Ka Galih dan Ka Pandu dapat juara looh!
Nametag Peserta Komipa'13

Sekitar seminggu kemudian, bakal ada OSK tuh.. Tapi sayangnya, tahun 2013 kemarin, tiap sekolah maksimal cuma ngirimin 2 siswa per bidang.  Mungkin karena SMA 2 selaku tuan rumah salah satu gedungnya lagi di renovasi. Lantas, gua harus rela duduk di bangku cadangan dan mendukung Ka Galih dan Ka Pandu dari rumah...haha

Nah berlanjut di kelas 11, pengalaman selanjutnya yaitu ikut lomba Mipa Competition di acara Nitrackers'13 yang di selenggarakan SMAN 1 Tangerang. Gua diutus oleh Ka Shaflian selaku ketua KIR 2012-2013 untuk ambil bagian dalam acara itu  bersama Ka Adit dan Ka Ucup.
Nametag Mipa Competition Nitrackers'13
Souvenir Berupa Stiker


 Alhamdulillah, kami berhasil merebut juara 1, menyingkirkan SMAK Penabur dan SMAN 3 Tangerang Selatan *kalo ga salah*.. Gua sih ngerasanya gua cuma ngebala, kalo gaada Ka Adit sama Ka Ucup gua gatau harus apa..wkwk Dari hasil menang itu, salah satu hadiahnya adalah tiket closing Nitrackers'13. Lumayan lumayan.. Dari sekian hadiah di bawah ini.. tapi ada yang kurang... Sertifikatnya belum nyampe-nyampe sampai sekarang.. huft..

Piala, Uang, dan Sejumlah Hadiah Lainnya
Tiket Closing Nitrackers'13





Lanjut, setelah itu, gua punya kesempatan untuk ikut lagi di Komipa'14. Awalnya gua sempet mikir ga mungkin gua yang ikutan lagi  karena.... gua menjabat sebagai wakil ketua di event tersebut. Lagipula gua mikirnya, bakal dikasih kesempatan untuk temen gua yang lain. Tapi, sekitar sebulan sebelum event ini dilaksanakan, Bu Yuni (pembina tim olimpiade biologi terdahulu) tetap menyuruh saya untuk ikut. Juga sama dengan jawaban dari Pak Toto (Wakasek Kesiswaan) yang tetap ingin saya untuk ambil bagian.. okelah kalo begitu..
Lagi-lagi pikiran saya terpecah-pecah.. belum lagi ngurusin ekskul yang baru lahir : Tosaduta, alias Tim Olimpiade SMAN 2 Tangerang.. Matilah awak..wkwk Sedikit beruntung, karena sebelum Komipa'14 ini, kami mendapatkan
pelatih baru, yaitu Ka Febri. Walaupun agak telat, setidaknya ada yang membimbing gitu kan.. H-1, gua
pulang jam 9 malam. Bu Yuni sempet ngomong "eh kamu kok masih disini aja. pulang pulang." tetep aja saya gabakalan pulang sebelum semua keadaan udah aman bu ._.v Hari H. Walaupun persiapan seadanya, tapi gua tetep yakin dan PD. Karena pengalaman tahun sebelumnya, ga harus pinter banget buat menang. Harus ada strateginya. Tapi, mungkin lagi-lagi karena pikiran yang terpecah belah, gua gagal dapet juara.. Nilai total gua 100 poin dan hanya menempati peringkat ke 7.... huhu
Nametag Peserta Komipa'14

Souvenir Berupa Pin


Event selanjutnya, yaitu OSK 2014. Event yang emang kita tunggu-tunggu. Pak Toto nargetin kami (Tosaduta) untuk meraih juara umum. Sesuatu yang ngga mudah tapi bukan berarti mustahil juga. Seiring berjalannya waktu, kami mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin, melakukan yang terbaik yang kami bisa.. Alhamdulillah, 8 orang dari Tosaduta meraih juara dan lolos ke OSP Juni mendatang. Termasuk gua, dapet juara 1 bidang biologi.. Alhamdulillah Ya Allah :') Masih ganyangka bisa menuhin target dari Pak Toto.. Terima kasih untuk semua pihak yang telah membantu kami :') Kalian luar biasa guyys! :'D

Pengumuman Pemenang Olimpiade Sains Nasional
Tingkat Kota Tangerang 2014

Kutipan Berita dari Surat Kabar Satelit News




Sekian dulu cerita pengalaman gua kali ini, cerita selanjutnya bakal bahas tentang keikutsertaan gua sebagai panitia dalam berbagai event di SMAN 2. Bye~ !


2 komentar: