Sabtu, 12 April 2014

Hanya Sekedar Cerita Part 1 : Arti Sebuah Kejujuran

Yaps. Setelah hampir 3 tahun gua ga pernah buka ini blog, akhirnya kali ini ada waktu lagi. Libur panjang karena kelas 12 UN. Mari kita do'akan kakak kakak kelas 12 agar dilancarkan dan mendapat hasil yang terbaik. Ngomong-ngomong soal UN, udah ga asing dong sama yg namanya kunci jawaban, nyontek-menyontek, dll. Nah, postingan kali ini, gua bakal menceritakan bagaimana sikap gua tentang hal-hal yang tidak diperbolehkan itu. Yuk simak.

MASA SD

Gua dulu sekolah di SDN Taman Cibodas. Lumayan deket sama rumah gua. Waktu SD sih, gua sama seperti mayoritas pelajar Indonesia lainnya. Kalo ulangan, suka nanya ke temen, nulis-nulis 'coretan', malah gua inget, pernah sekali gua buka lks waktu ulangan. Ulangan penjas tuh. haha. Ya, gua ngelakuin itu karena dulu gua masih belum sadar apa sih arti sebenarnya dari ulangan. Singkat cerita, tibalah saat mau UASBN alias UN. Walaupun begitu, waktu UASBN gua berusaha untuk jujur. Soalnya Ibu gua udah pesen "gausah ikutin orang2 lain. kunci jawaban ga ngejamin. kalo dasarnya emang bisa, ya pasti bakal bisa." Alhasil, walaupun NEM gua sebenarnya tidak mencukupi / kurang 0,05 dari passing grade SMPN 1 Tangerang, tapi itu ga berlaku. Alhamdulillah nya sebelum itu gua udah berhasil lulus via serangkaian seleksi program RSBI.
Serangkaian jadwal kegiatan seleksi program RSBI

MASA SMP

Awal masuk SMP, gua merasa minder, karena teman2 gua notabene-nya adalah orang-orang terpilih. Ya, SD gua yang agak jauh dari pusat Kota Tangerang, gua rasa masih agak tertinggal dari sekolah yang lain. Tapi, gua yakin bisa bersaing disana. Nah, waktu SMP, gua udah ga berani buka buku ataupun nyontek kalo ulangan. Tapi, gua masih menghalalkan yang namanya nanya-nanya / kerjasama waktu ulangan. Bahkan, gua sempet ikut-ikutan paham "nilai ulangan tergantung tempat dan pengawas" hahalol. Singkat cerita lagi, tiba saatnya UAS. Waktu itu, soal udah bocor. Temen2 gua udah pada megang soal dan waktu gua dateng pas pagi2, mereka lagi pada bahas soal. Awalnya, gua sempet mau ikutan. Tapi gua tertahan untuk melakukan itu. Kenapa? Gua liat, beberapa temen gua yg lain, yaitu temen-temen seangkot gua dulu, ya, mereka yang bikin gua menahan niat-niat jelek itu. Ketika orang-orang sedang sibuk bahas soal, temen2 gua itu cuma duduk, dan terlihat santai, malah pada main2. Lalu gua berpikir "wow. hebat sekali mereka. engga tergoda sama sekali. bahkan mereka santai-santai aja. kalo mereka aja bisa tidak tergoda. masa gua ngga? okelah, gua ikut mereka aja."

Yaps, akhirnya gua meyakinkan diri untuk jujur. Ya, setiap ujian, pasti gua yang paling terakhir keluar. Buah dari kejujuran itu, gua dapet nilai sempurna di mapel bahasa inggris. Itu ngebuat gua lebih percaya diri akan kejujuran. Tapi mungkin karena terlalu PD, jadi cenderung sombong akan kemampuan sendiri kali ya, nilai UN bahasa inggris gua malah tidak sesuai harapan.haha. Jadi, pas UN itu, pengawasnya ga lebih galak dari guru fisika gua kelas 8. akh, bahkan satu ruangan dengan leluasa ngobrol dan lain-lainnya. Yang gua inget, gua justru sempet ngasihtau jawaban ke temen gua waktu UN.hahaha. parah parah. Setelah NEM keluar dan pemilihan SMA, pada akhirnya NEM gua kurang 0,1 dari passing grade SMAN 1 Tangerang. Itulah yang ngebuat gua sekarang sekolah di SMAN 2 Tangerang. Gua gapernah menyesali itu dan gua justru mensyukurinya. Banyak hal-hal positif yang bisa gua ambil dari kegagalan itu.

Cerita masa SMA bakal dilanjutin di Part 2. See Ya!

3 komentar:

  1. Postingan ini dibuat hanya sekedar untuk menceritakan apa yang saya alami, dan apa yang saya rasakan tentang pendidikan di Indonesia. Bukan maksud sombong ataupun menggurui, hanya mencoba berbagi pengalaman dan inspirasi. Semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  2. we have the same story kak :")

    BalasHapus
  3. haha cerita ini belum sampe klimaksnya kan, masih dilanjut di part 2. simak ya!

    BalasHapus